News

Mahfud Sebut Bebasnya Edhy Prabowo Sudah Sesuai Aturan

Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD merespon soal kabar yang menyebut mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo bebas dari penjara. Menurutnya, hal tersebut sudah dianggap memenuhi syarat karena sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Pak Edhy Prabowo itu mendapat remisi 7 bulan. Dari hukuman kalau ndak salah 4 tahun, mendapat remisi 7 bulan, ya sudah keluar bulan Agustus lalu. Karena aturannya begitu,” kata Mahfud MD di acara konsolidasi “Sahabat Mahfud Muda’, Posko Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (30/11/2023).

Mahfud menjelaskan jika beberapa pihak pernah memperdebatkan soal remisi atau pemotongan hukuman kepada tersangka kasus korupsi. Diakuinya, tidak sedikit orang yang tidak setuju adanya remisi untuk para koruptor tersebut.

“Tapi pada akhirnya undang-undang menyatakan tetap dikasih remisi kalau berkelakuan baik dan memenuhi syarat,” jelasnya.

Oleh karenanya, saat ini Edhy Prabowo sudah menghirup udara bebas sejak 18 Agustus lalu. Ia pun enggan untuk mempersoalkan isu ini lebih lanjut.

“Jadi bisa keluar memang, kan sudah 3 tahun lebih di penjara,” tuturnya.

Diketahui, Edhy dinyatakan bebas bersyarat dari Lembaga Pemasyarakatan Klas I Tangerang pada 18 Agustus 2023. Padahal, pada 7 Maret 2022, ia dijatuhi vonis selama 5 tahun penjara.

“Yang bersangkutan dipidana selama lima tahun berdasarkan putusan Mahkamah Agung nomor: 942 K/PID.SUS/2022/07 Maret 2022 dengan denda Rp400.000.000, subs 6 bulan kurungan (sudah bayar) serta uang pengganti Rp9.687.447.219 dan $77.000 subs 3 tahun penjara (sudah bayar),” kata Koordinator Humas dan Protokol Ditjen PAS Kemenkumham, Deddy Eduar Eka Saputra, Rabu (29/11/2023).

Akan tetapi, selama menjalani masa hukumannya, Edhy diketahui berkelakuan baik. Atas perilakunya tersebut, pihak lapas kemudian memberikan pemotongan hukuman atau remisi kepada yang bersangkutan.

“Selama menjalani pidana, yang bersangkutan telah berkelakuan baik berdasarkan Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana dengan total mendapat Remisi sebanyak 7 bulan 15 hari,” jelasnya. 

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button